Dari 1 hektar kebun sawit menjadi 1000 hektar kebun jagung

Awalnya,,Saya seorang petani miskin yg hanya bertani dengan lahan tumpang sari di kebun sawit yg baru tanam.milik seorang polisi..awal saya betani menam jagung.pada awal y saya menanam jagung 1 hektar dan kala itu hasil takmemuaskan,karna tanaman jagung saya di serang tikus.yg seharus y saya dapat hasil bagus.ahir y saya cuma dapat 2 ton/hektar yg seharus 6 ton..tp saya tetap bersyukur mungkin itu lah rezeki yg di beri alloh swt.setelah panen tanam ulang,dan x ini gagal total.tanaman jagung saya terkena banjir..habis lah harapan saya padahal kalo ada rezeki kla itu uang y mau saya gunakan untuk melamar pacar saya.yg kini slalu stia mendampingi saya sampai sekarang..setelah menikah saya kerja sebagai kuli kebun sawit..milik orang medan degan kontrak 3 thn..saat saya bkerja saya berpikir "sampai kapan saya harus seperti ini jadi kuli di kebun orang,,ya alloh kapan saya bisa punya kebun sawit sediri,,..dan tiba2 ada seseorg yg kluar dari semak semak ,,numpang lewat y nak,,aku pun terkejut saat dia bicara permisi td,,iiiii ya pak,,bapak ngapain di sini?':ini saya ngatar teman ini ladang saya mau jual..oh..gtu ya pak..pikiran y bagai mana klo aku yg membeli y..! O y pak mau dijual brapa ? 45 jt..2,5 hektar..klo km berminat bisa hubungi saya ,,ini nmr hp saya..oke pak nanti saya hubungi..ahir y saya pulang dari mana saya dpat uang sebayak itu..saya telpon pak joko pemilik laan tersebut..tawar menawar dri harga 45 jt ahir menjadi 30 jt ahir y mencari pijaman karna memang modal NEKAT ada yg menawar kan rumah y untuk di buat kan serfitikat dgn imbalan bisa di pinjam kan ..saya se7 2 juta dana membuat sertifikat rumah ,,dan lansung di ajukan ke bank.memijam 32 jt yg 2 jt untuk biaya admitrasi y..dan langsung saya beli lahan tersebut..3 thn saya klooa kebun sawit saya dan lunas lah bank saya..saya surat kan kebun sawit saya dan saya ajukan pinjam 50 jt untuk mebuat usaha dan rumah dan alhamdulilah usaha saya lumayan maju..setelah pinjaman 50 jt dlm 5 thn saya lunas..saya pinjam lagi 150 jt waktu 5 thn dan pd saat itu usia saya masi 30 thn .uang tersebut untuk membeli lahan kosong di riau seluas 20 hektar seharga 100 jt dan 50 jt untuk menglola y..karna sawit baru tanam lahan tersebut saya buat tumpang sary,,dgn menanam jagung,,dan berhasil 20 hektar 1 x tanam menghasilkan 100 ton dgn harga 1500 rupia x 100 ton hasil kotor y 150 juta di potong sluruh biyaya dari tanan hingga panen dan tanam lagi membutuh kan 75 jt dan ahir y 3 x panen dlm wktu saya bisa melunasi kredit bank senilai 150 menjadi 200 jt..bunga nya.,saya pun mkin bersemangat dn terus menanam jagung thn ke 2 saya mendapat batuan keredit traktor bekas dr kabupaten se nilai 300 jt..dan saya tambah volume penanaman jagung dgn lahan milik warga setempat dengan cara sewa..sluas 20 hektar .pd thn ke 2 saya sudah menanam 40 hektar kbun jagung,,dengan bibit unggul dari AMERICA dn hasil nya sgt memuas kan.per 1 hektar rata 8 ton..x 40=320 ton pd waktu itu harga sangat bagus Rp 2000 per kg..hasil Rp 640.000.000..uang tersebut saya gunakan untuk melunasi traktor kredit dri kbupanten dan saya mendapat kan penghagaan dari bupati,,sebagai petani teladan termuda.. pada ysia 33 thn,,dan sisa uang tersebut saya beli kan 1 unit truk bekas segarga 150 jt dan modal penanam ulang dan biyaya pemupukan senilai 100 jt,,2 x pemanan saya di thn 2 berahir,saya mendapat laba bersih 750 juta..dan uang tersebut saya pergunakan untuk membeli lahan kosong seluas 100 hektar masi di wilayah tak jauh di lahan tersebut..pd wktu itu saya kekurangan dana ahir saya jual lah kebun pertama saya dan rumah dan usaha y senilai 350 jt..karna saya membutukan dana 600 juta untuk biyaya membuka lahan 100 hektar tersebut..ahir y saya pindah dari kampung saya di medan,tepat asal saya.di kecamatan pulau rakyat kab,asahan,,di awal thn 4 saya di riau dgn usia 34 thnsaya sudah memiliki total lahan sawit seluas 120 hektar..dan pd thn tersebut kebun sawit pertama 2o hektar tersebut sudah berproduksi..20 ton per bulan..dan lahan sawit saya yg 100 hektar baru selesai tanam,,untuk mengurus lahan sawit 100 hektar tersebut saya mendatangkan 10 keluarga dari desa saya..rata2 mereka masi muda..suami istri saya kerjakan da saya pasilitasi.rumah dgn penerangan listrik desel..mereka pd waktu itu menerimah gaji 3 jt perbulan.untuk berkerja menanam jagung di lahan 100 hektar tersebut saya total tanam semua,dengan tenaga 20 org pekerja tetap dan 10 BHL ..dgn bantuan bupati saya bisa kerja sama degan salah 1 pengusaha di kota riau  untuk memasok hasil jagung ,,yg di klola pengusaha tersebut untuk pakan ternak,dengan syarat harga tinggi gan kualitas terbaik,,dan perusahaan tersebut meyediakan modal bibit unggul terbaik..untuk menggelola hahan jangung menjadi 2 tahap sekala per 50 hektar pertanam,saya mendapat bantuan keredit dr perusahaan tersebut 1 unit traktor baru senilai 650 jt dan truk 250  jt..nilai investasi perusaan tersebut 1 meliar.dan alhamdulah..hasil sangat bagus..hasil melimpah..karna penggolahan tanama stantad internasional,,per hektar rata2 di atas 10 ton x 100 hektar X  Rp2000=2 M..dlm 4 bln pertama dengan harga pun bgus.. terbayar lah pinjaman 1 M yg di beri perusahaan pakan ternak..ahir saya mengebangkan sayap..degan uang 1 meliar di tangan saya,saya menyewa tanah total kosong milik seorang petani sawit yg sukses dgn luas 55 hektar.karna menunggu bibit sawit y besar mka lahan blm di tanam sawit..saya kontrak 2 thn degan nilai kontrak 100 jt.saya kerahkan traktor 4 unit yg 2 unit sewa dari kota riau untuk mencangkul dan 1 unit buldoser sewa. untuk me liver tanah agar lebih gembur..dan 1 bln kmudian lahan 55 hektar tersebut siap di tanam.degan total dana habis mecapai 250 jt untuk siap tanam sapai panen,ahir y di pertengahan thn ke 4 bln ke 7 saya menanam jagung dgn total luas 155 hektar degan dana modal 750 jt untuk moda keseluruhan,dgn lama waktu penanaman 1 bln dengan tenaga pekerja 45 org,setelah tiga bln perawatan dan mulai memanen,sampai selesai.mendapat hasil 1500 ton total..rupia 3 M..di tambah tabungan saya 500 jt menjadi 3,5 M..pd waktu itu saya sudah mengginjak usia 35 thn.setelah sekesai tanam ulang jagung lagi,saya tidak mengluar kan dana 1 rupia pun..semua di biayai oleh perusahaan pakan ternak(PT)dengan bantuan tampa bungga NOL% Senilai 1 meliar.untuk modal tanam ulang,,tp karna olah tanah tak setinggi biaya awal,,maka biaya bisa ringan hanya membutuhkan dana total 750 jt..jd sisa uang tersebut 250 jt +3,5m =3.8 m dan saya dengan bantuan bupati bisa menyelesai kan membuat serfitikat lahan saya di BPN.dgn biaya2 120 jt untuk lahan seluas 120 hektar..dengan serfitikat 120 hektar saya muda mengajukan pinjaman ke bank.dgn ketentuan kredit tertentu program kabupaten,saya menggajukan kredit di bank terbesar di indonesia senilai 12 MELIAR.dengan bantuan dari pemerintah kabupaten ahir y pinjaman tersebut di kabul kan..setelah dana itu cair nilai uang saya 15 M lebih..berhubung program pemerintah ketahan pangan kabupaten memberi saya kesempatan pembebasan hutan lindung, di kabupaten tersebut,,ada 3000 hektar lahan di bebas kan da di klola 1 investor..1500 hektar milik investor 1500 hektar milik klompok tani masarakat setempat..dengan syarat slama 3 thn di tanami palawija,,karna padi tidak cocok ..degan harga tanah 10 jt /hektar harus di bayar HPDK(hasil pendapatan daerah kabupaten) dengan cara mencicil slama 1 thn.di situ saya mengambil lahan 1500 hektar.dan mendirikan cv.ARI. Atas nama investor tersebut.. akan tetapi cv,ARI.sebenar y haya memiliki 1000 hektar dan 500 hektar milik sang bupati yg masi menjabat.dengan perjanjian slama 3 thn cv.ARI yg klolah areal 1500 H..karna sang bupati masih menjabat 4 thn lagi.sang bupati meyerah kan semua pada saya untuk membuka hutan tersebut dia memberi dana 5 M untuk membuka lahan y 500 H.pada masa itu awal pembukaan areal 1500 H di thn ke 5 usia 36 thn .saya mendapat  tambahan dana 5 M dari hasil jagung dan kebun sawit saya,,jadi total dana yg saya miliki 20 meliar..dan saya harus melunasi pembayaran 10 M untuk lahan 1000 H tersebut.saya hanya mencicil dp 50 % 5M..dan 5 m untuk dp 10 unit excavator komatsu senilai 12 m..dan 1 unit buldoser 1,5 m..degan nilai kontrak alat brat 1 thn lunas..terutang 8,5 M kepada pt.komatsu dan terhutang kepada HPDK 5M..Jd total hutang saya ahir thn mencapai 13.5 Meliar.yg harus saya bayar..sisa uang saya 10 M hanya cukup untuk biyaya selama selesai lahan saja,,dan saya harus melunasi..13,5 m pd ahir thn.untuk beli bibit sawit saja saya uda gk punya uang lagi,,krena SK HGU dari dirjen BPN blm kluar,,hanya sk BPN kabupaten ..ahir y saya meminta bantuan bupati kala itu ..untuk mendatangi perusahaan perkebunan sawit swasta .untuk meminta bantuan benih unggul.degan kontrak 10 thn sawit cv.ARI harus di jual di PT tersebut ,,dengan harga pasaran tertinggi di bayar,,saya dan bupati pun setuju.degan perjanjian kontrak 15 M,untuk  perawatan 2,5 thn.di samping itu..saya harus membayar kredit bank 600 jt /bln pijaman 12 M selama 2 thn.karna lahan 1000 hektar tersebut baru bisa di kelola 1 thn yang akan dtg baru siap.sementara lahan sawit y 1 thn lagi tidak bisa di tanam jagung lagi dan lahan kontrak tgal 1 thn lagi.dan saya memutus kan untuk meyewa lagi lhan masarakat yg kosong untuk saya tanam jagung lagi. 70 hektar saya sewa 2 lokasi..kontrak 2 thn 200 jt..dan saya minta bantuan pt pakan ternak senilai 2M untuk modal..total lhan jagung saya 225 H di potong sawit tinggal 200 hektar.butuh dana 2M..sampai siap panen..dlm 1 thn bisa 3 x tanam  tanaman pertama sampai ke 3 bgus semua 1 musim 2000 ton.dgn harga tinggi 2500 /kg musim 1 Rp3,5 M   musim 2 harga 2800 Rp 4 M  musim 3 Rp 3100..Rp5.5 M di ahir thn saya mendapat hasil 13 meliar bersih..alhamdulilah..cukup untuk membayar hutang saya.pas,1 thn berjalan ke 6 pada usia saya berjalan 37 thn.dan areal perkebunan saya.sudah 1120 hektar..120 areal perkebunan saya sudah berproduksi..menghasilkan 250 ton setiap bln,setelah itu lahan 1000 H sudah selesai pd thn ke enam..dan proses penanam sawit.dan sebagai investor cv.ARI saya harus menggelola areal 1500H milik masarakat sesuai kesepakatan awal,,karna di thn itu masarakat baru selesai pembaran cicilan lahan kepada pemerintah daerah.areal tersebut blm di buka sama se sekali.sebagai investor cv.ARI wajib mendanai pembukaan areal 1500 itu.yg membutukan dana 15 M.dan masarakat pun akan di kenakan biyaya 12 jt dgn cicilan selama 2 thn.di waktu yg sama saya harus membuhkan da 20 M.untuk mengklola areal untuk membagun inprastuktur dan penggolahan tanah 1500H milik saya dan bupati, jadi di awal thn ke 7 bertepatan selesai y pinjaman bank saya yg 12 M..saya tarik agunan saya,,karna izin HGU lahan 1500H cv,ARI sudah di keluarkan.BPN.dan kembali saya ajukan ke bank.senilai 40 meliar.selama 2 thn dengan kredit 2 m yg harus di bayar perbulan.benar benar gila.pada masa itu per bln saya hanya berpenghasilan 1 M perbulan.di waktu itu saya harus berpikir keras.karna hasil dari kebun sawit 120 H dan areal lahan jagung yg tigal 100 H tidak cukup..saya berpikir saya memiliki lahan pertanian 1120 saya ini miskin ..bila salah melangka dalam sekejap habis lah semua.NOL lagi..pada hari itu,saya mendatangi PT Pakan ternak dan menggajak kerja sama dlm jumlah besar.saya menawar kan 1500 H lahan untuk di kelolah..akan tetapi PT Pakan ternak tidak sanggup mendanai nya,karna perusaahan mereka tidak memiliki dana besar.kata sang pemilik perusahan..kita butuh investor asing karna dengan areal cv.ARI & masarakat dengan luas 3000 H lebih kita juga butuh pasar luar negeri..dan kami pun menghubungi PT.FIONER Perusahaan asal AMERICA yg selama ini memasok benih unggul slama ini,,dan berbuah kan hasil pesentasi kami di perwakilan perusahan PT.FIONER yg berkantor di jakarta.tujuan pembicaran kami agar PT.FIONER.berinvestasi di areal 3000 H..untuk bibit unggul dan hasil panen,bembicaraan di lanjut kan di pusat PT.FIONER di AMERICA ,dan mereka setuju ber investasi $:10 juta dolar =130 MELIAR dengan kontrak 5 thn..bayangan gelap menghantui pun hilang..dengan dana total 170 m lebih dari cukup..semua berjalan lancar dan pembukaan areal di percepat,di ahir thn ke 7 selesai,di tgl yg sama telah selesai penanaman 1000 H tanaman perdana yg di selesaikan dalam waktu.10 hari dengan 4 alat mesin penanam yg super canggih senilai 5 M dari america,dan alat itu juga bisa memanen hasil dengan cepat.jadi bisa menghemat waktu dan tenaga kerja..aset cv.ARI.memiliki 150 kariawan tetap dan 100 orang BHL,12 unit excavator komatsu .2 unit buldoser komatsu 1 unit komatsu gereder.10 unit traktor ford.4 unit mesin penanam 5 armada truk  fuso mitsubisi 220 ps. 5 truk mitsubisi 135 ps.dan 2 unit extraa 4x4...pengolahan dan perawatan langsung di awasi oleh ahli -alih dari PT.FIONER.agar kualitas hasil y bersetandat internasinal..awal panen pertama 1000 H menghasil kan.10.000,.TON di bayar dengan harga pasar dunia..3500 per KG.dengan hasil Rp 35 meliar kotor  di awal panen perdana.begitulah sampai panen ke 3 areal petani..

HITUNGAN HASIL BAGI PETANI / 1 hektar.
10 ton x 3000 /KG =Rp 30.000.000,.

dalam satu hektar petani di kenakan biyaya..
1: 1 juta untuk penggemburan tanah
2: 3 juta untuk 3 x pemupukan dari dasar
3: 2 juta penanaman dan pemanenan
4: 1 juta untuk benih unggul..
5: 1 juta untuk herbisida dan pengolahan
TOTAL : 8 Juta yg harus di porong sitiap / 4 bln

Dan petani akan menerima hasil dlm waktu 4 bln sebesar Rp : 22.000.000,./ bln y petani medapat hasil Rp. 5,500,000,.lebih dari cukup dari stanrd UPM di indonesia,yg hanya 3 jt saja,,cukup sejarah kan 1500 orang pertani..pendapat saya sampai ahir tahun mencapai 60 M thn pertama.di thn ke 9 saya di tunjuk pemerintah,untuk  menglolah.lahan seluas 20.000 H di propinsi jambi & lampung untuk program suasembada jagung dan kesejahtraan masarakat miskin daerah.50 % Untuk investor.50 % untuk 10.000.petani.di thn itu cv.ARI beruba menjadi PT,AGRO REPOLUSI INDONESIA. Perizinan selesai 1 bln kemudia.dan saya mendapat tawaran dr bank BUMN & Swasta ..karna proyek ini di jamin pemerintah,,ahir mendapat kredit dari  bank mandri sebesar 1 triliun.slama 5 thn untuk membuka areal ..dan free..kridit 1 thn.karna di butuh kan waktu 2 thn untuk menyiapkan total lahan tersebut..pemeritah memberi insetip keringanan pajak areal 3 thn.semua produksi pertanian akan di beli bulok.

Pengunaan dana 1 triliun di pergunakan
Belanja
ALAT BERAT :
50 unit excavator. Rp 55 meliar
2   unit buldoser ,Rp    3   M
10 MESIN tanam RP 10 M
10 INTERCULER RP  10 M
20 UNIT TRACTOR rp 10M
20 unit coldiesel            7 M
2 Base cam & worsop   5 M
Perumahan 250 unit    20 M 
Inprastruktur 20.000H 50 M
Kariawan 300 +              25 m
Oprasional selama 3 thn mencapai  500 M +200 M
Untuk program ini di utamakan kesejahtraan masarakat hanya di kenakan biyaya 500 ribu setiap bulan untuk ganti rugi lahan selama 5 thn dan pajak 50 ribu per thn.kesejahtraan masarakat adalah yg utama.karna ini proyek percontohan nasional.dengan luas areal 20.000 Hektar pemerintah dapat memenuhi kebutuhan jagung nasional.demi pecapayan target minimal 600 ribu ton pertahun.harus ada 3 kerja sama,investor ,masarakat dan pemerintah. Di thn pertama selesai lah areal 10000 H milik masarakat,dan penanaman pertama pun di lakukan dengan 12 unit alat  teknologi canggih yg mampu menanam benih 250 hektar perhari dalam 40 hari selesai penanaman 10.000 Hektar.penanaman pertama di lakukan acara syukuran yg di hadiri mentri pertanian dan gubenur jambi dan lampung,serta dirjen bulok.

Komentar

  1. SUNGGUH MENARIK KISAHNYA, BISA JADI PELAJARAN BERHARGA MAS

    BalasHapus
  2. TITIAN ROCKET MADE TO TINY TINY TINY TINY TINY TINY TINY
    TITIAN ROCKET MADE TO TINY TINY TINY TINY TINY titanium pans TINY TINY TINY titanium scissors TINY TINY titanium max trimmer TINY titanium tools TINY TINY TINY TINY TINY TINY titanium bolt TINY TINY TINY TINY TINY TINY

    BalasHapus

Posting Komentar